Sabtu, 31 Juli 2010

Pengertian Dasar Akuntansi

Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan peristiwa ekonomi perusahaan kepada pemakai informasi. Misalnya meneger, pemegang saham dan dewan komisaris.

Jurnal adalah media atau alat untuk mencatat sesuatu transaksi secara kronologis disertai dengan keterangan di sisi debit dan kredit. Fungsi jurnal sendiri adalah mencatat, historis, analisis, instruktif, dan informatif.

Posting adalah proses memindahkan ayat-ayat jurnal yang telah dibuat dalam buku jurnal ke buku besar. Dilakukan berdasarkan nama dan jumlah akun dalam jurnal. Posisi debit kreditnya harus sama dengan posisinya di jurnal.

Buku besar adalah kumpulan akun-akun untuk mencatat perubahan perubahan transaksi. Buku besar dibuat untuk mengetahui saldo tiap-tiap akun pada akhir periode.

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat dalam proses perubahan saldo akun sehingga saldo akun menunjukkan saldo yang sebenarnya.

Jurnal Penutup berfungsi untuk menutup akun nominal ke akun modal dalm mencatat periode selanjutnya.

Kertas kerja merupakan lembaran kertas berlajur yang dirancang untuk mengikhtisarkan data akuntansi sehingga mempermudah penyusunan laporan keuangan pada akhir periode akuntasi.

0 comments:

Posting Komentar

tolong diisi yha . .